Games

Kursus/Jasa Unreal Engine | “Penerapan Unreal Engine dalam Simulasi Pelatihan Militer: Studi Kasus Penggunaan VR untuk Peningkatan Keterampilan Taktis”

Silabus 40 Sesi: “Penerapan Unreal Engine dalam Simulasi Pelatihan Militer: Studi Kasus Penggunaan VR untuk Peningkatan Keterampilan Taktis”

Bagian 1: Pengantar dan Dasar Unreal Engine (Sesi 1-8)

Sesi 1: Pengantar Unreal Engine dan Potensi VR dalam Pelatihan Militer

  1. Pengenalan Unreal Engine dan aplikasinya.
  2. Peran VR dalam simulasi pelatihan militer.
  3. Instalasi Unreal Engine dan persiapan lingkungan kerja.
  4. Eksplorasi antarmuka Unreal Engine.
  5. Studi kasus aplikasi VR militer.

Sesi 2: Pemahaman Dasar Blueprint dan Visual Scripting

  1. Konsep dasar Blueprint di Unreal Engine.
  2. Membuat alur kerja sederhana menggunakan Blueprint.
  3. Pembuatan logika dasar interaksi objek.
  4. Men-debug Blueprint.
  5. Implementasi dasar interaksi VR.

Sesi 3: Manajemen Proyek dan Pengaturan Level Dasar

  1. Struktur folder dalam proyek Unreal Engine.
  2. Pengaturan level untuk simulasi taktis.
  3. Penambahan aktor dan elemen dunia dasar.
  4. Menyesuaikan pencahayaan dan efek lingkungan.
  5. Simpan, impor, dan ekspor proyek.

Sesi 4: Material dan Tekstur dalam Unreal Engine

  1. Membuat dan mengedit material dasar.
  2. Menambahkan tekstur pada objek.
  3. Pemahaman material dinamis untuk VR.
  4. Penggunaan peta normal dan PBR.
  5. Optimalisasi material untuk performa VR.

Sesi 5: Kamera dan Sistem VR

  1. Menyiapkan kamera dalam Unreal Engine.
  2. Membuat sudut pandang orang pertama (First-Person Perspective).
  3. Konfigurasi perangkat VR (mis. Oculus, HTC Vive).
  4. Interaksi kamera dengan VR headset.
  5. Penyesuaian interaksi VR untuk simulasi taktis.

Sesi 6: Animasi Karakter Dasar

  1. Memahami skeletal mesh dan rigging.
  2. Mengimpor karakter dari Mixamo atau sumber lain.
  3. Menyambungkan animasi dasar ke karakter.
  4. Menyesuaikan blueprint animasi untuk VR.
  5. Implementasi gerakan taktis karakter.

Sesi 7: Membuat Lingkungan Latihan Dasar

  1. Membuat peta latihan militer.
  2. Penyesuaian aset dunia (tanah, pohon, bangunan).
  3. Pemahaman sistem navigasi AI dasar.
  4. Penyesuaian medan untuk latihan VR.
  5. Menambahkan objek statis untuk pelatihan.

Sesi 8: Integrasi Interaksi Dasar

  1. Membuat objek interaktif (mis. pintu, tombol).
  2. Menambahkan fungsi Blueprint untuk interaksi.
  3. Menyesuaikan fisika objek dalam VR.
  4. Membuat elemen navigasi untuk pengguna VR.
  5. Pengujian level dasar dengan perangkat VR.

Bagian 2: Pengembangan Simulasi Taktis (Sesi 9-20)

Sesi 9: Desain Sistem AI untuk Musuh Taktis

  1. Dasar-dasar Behavior Tree di Unreal Engine.
  2. Membuat AI sederhana untuk musuh.
  3. Menambahkan elemen deteksi pemain.
  4. Implementasi pergerakan taktis AI.
  5. Penyesuaian logika serangan musuh.

Sesi 10: Membuat Tim Player dan Sistem Komunikasi

  1. Menambahkan karakter AI sekutu.
  2. Membuat sistem komunikasi tim dasar.
  3. Penyesuaian strategi AI sekutu.
  4. Menambahkan animasi komunikasi.
  5. Simulasi koordinasi tim dalam VR.

Sesi 11: Desain Lingkungan untuk Latihan Taktis

  1. Menambahkan elemen dinamis (gerbang, lift).
  2. Membuat level dengan berbagai medan (kota, hutan, gurun).
  3. Optimalisasi lingkungan untuk VR.
  4. Menambahkan efek cuaca dinamis.
  5. Pengujian lingkungan dengan perangkat VR.

Sesi 12: Sistem Senjata dan Taktik Tempur

  1. Membuat senjata dasar (pistol, senapan).
  2. Implementasi mekanisme menembak.
  3. Penyesuaian recoil dan akurasi.
  4. Menambahkan amunisi dan logika pengisian ulang.
  5. Integrasi sistem senjata dalam VR.

Sesi 13: Sistem Penilaian dan Peningkatan Keterampilan

  1. Membuat sistem skor berdasarkan performa.
  2. Menambahkan indikator waktu dan akurasi.
  3. Menambahkan logika penalti untuk kesalahan.
  4. Pengembangan fitur replay.
  5. Pengujian sistem penilaian dalam simulasi.

Sesi 14: Simulasi Real-Time Taktik Serangan

  1. Membuat skenario serangan dengan waktu nyata.
  2. Penyesuaian strategi AI untuk situasi kritis.
  3. Menambahkan tantangan lingkungan (perangkap, barikade).
  4. Mengintegrasikan skenario pelatihan dalam VR.
  5. Pengujian taktis dengan headset VR.

Sesi 15-20: Pengembangan Latihan Khusus dan Iterasi

  1. Mendesain level dengan skenario tertentu (penyelamatan sandera, pertahanan).
  2. Optimalisasi simulasi untuk berbagai perangkat VR.
  3. Implementasi elemen narasi dan panduan suara.
  4. Membuat laporan performa individu dan tim.
  5. Iterasi simulasi berdasarkan umpan balik pengujian.

Bagian 3: Optimalisasi dan Penyelesaian Proyek (Sesi 21-40)

Sesi 21-30:

  1. Pengujian Performa dan Debugging:
    • Identifikasi bottleneck performa.
    • Debugging elemen VR dan AI.
    • Optimalisasi level dan interaksi untuk VR.
  2. Penerapan Desain UX/UI dalam Simulasi:
    • Mendesain antarmuka pengguna.
    • Menambahkan menu pelatihan dan pemilihan level.
    • Implementasi feedback haptic dalam VR.
  3. Pembuatan Dokumentasi Proyek:
    • Menulis dokumentasi teknis untuk simulasi.
    • Pembuatan video demo simulasi.

Sesi 31-40: Finalisasi dan Presentasi

  1. Finalisasi Proyek:
    • Penyempurnaan level, AI, dan interaksi VR.
    • Pengujian ulang seluruh simulasi.
  2. Persiapan Presentasi:
    • Menyusun materi presentasi proyek.
    • Latihan presentasi dengan simulasi live.
  3. Penilaian dan Revisi:
    • Mendapatkan feedback dari tim ahli.
    • Melakukan revisi akhir berdasarkan feedback.

Hasil Akhir:
Simulasi pelatihan militer berbasis VR dengan Unreal Engine siap digunakan untuk pelatihan keterampilan taktis secara interaktif.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button