Games

Kursus Unity 3D | Complete Unity 3D Learning Path Class

Unity adalah salah satu engine game yang paling populer dan kuat digunakan untuk membuat game dan aplikasi interaktif 2D dan 3D. Dengan antarmuka yang intuitif dan fitur yang lengkap, Unity memungkinkan pengembang untuk merancang, membangun, dan menerbitkan aplikasi interaktif dengan mudah di berbagai platform, termasuk PC, konsol, perangkat mobile, dan VR/AR. Unity menawarkan berbagai alat untuk pemrograman, desain grafis, animasi, dan manajemen aset yang memudahkan proses pengembangan.

Silabus Kursus Unity

1. Basic

  • Pengantar Unity
    • Instalasi dan Pengaturan Lingkungan Kerja
    • Antarmuka Pengguna Unity
    • Konsep Dasar Game Engine
  • Dasar-dasar Pengembangan Game
    • Pengenalan ke Scene, GameObjects, dan Components
    • Manipulasi Transformasi (Posisi, Rotasi, Skala)
    • Penggunaan Prefabs
  • Pemrograman dengan C#
    • Dasar-dasar C# di Unity
    • Skrip Dasar untuk Interaksi Game
    • Penggunaan Variabel, Fungsi, dan Kontrol Alur
  • Pembuatan Aplikasi Sederhana
    • Game 2D: Platformer sederhana
    • Game 3D: Cubes dan Colliders

    Contoh Aplikasi:

    • Game platformer 2D dengan karakter dan musuh
    • Game 3D sederhana dengan objek bergerak dan interaksi dasar

2. Intermediate

  • Desain Level dan Lingkungan
    • Pembuatan Level dengan ProBuilder
    • Teknik Lighting dan Shadows
    • Material dan Shader Dasar
  • Sistem Input dan Kontrol
    • Implementasi Input dari Keyboard, Mouse, dan Controller
    • Membuat Kontroler Karakter
  • Audio dan Musik
    • Penggunaan Audio Source dan Audio Listener
    • Pembuatan Efek Suara dan Musik dalam Game
  • Penyimpanan dan Manajemen Data
    • Sistem Penyimpanan PlayerPrefs
    • Penggunaan File System dan JSON untuk Data

    Contoh Aplikasi:

    • Game platformer dengan level yang dirancang dan sistem audio
    • Game 3D dengan kontrol karakter dan mekanik dasar

3. Advanced

  • Animasi dan Karakter
    • Sistem Animator dan Animator Controller
    • Penggunaan Mecanim untuk Animasi Karakter
    • Pembuatan Animasi 2D dan 3D
  • Sistem Partikel dan Efek Khusus
    • Membuat Efek Partikel dengan Particle System
    • Penerapan Efek Visual dan Shader Lanjutan
  • Jaringan dan Multiplayer
    • Konsep Dasar Jaringan dan Multiplayer
    • Implementasi Networking dengan Unity
  • Optimasi Kinerja
    • Profiling dan Pengoptimalan Kode
    • Teknik untuk Mengurangi Lag dan Meningkatkan FPS

    Contoh Aplikasi:

    • Game 2D dengan animasi karakter dan efek partikel
    • Game 3D multiplayer dengan optimasi kinerja

4. Master

  • VR/AR Development
    • Pengantar Pengembangan VR dan AR di Unity
    • Implementasi Kontrol VR dan Interaksi AR
  • Sistem AI dan Behavior
    • Pengenalan Sistem AI dan Behavior Trees
    • Implementasi AI untuk NPC dan Musuh
  • Grafik dan Rendering Tingkat Lanjut
    • Teknik Rendering, Post-Processing, dan Lighting Canggih
    • Pembuatan Shader Kustom dan Visual Effects
  • Tool Development dan Editor Extensions
    • Membuat Alat Kustom dan Plugin Editor
    • Pengembangan Editor Extension untuk Produktivitas

    Contoh Aplikasi:

    • Aplikasi VR/AR dengan interaksi dan kontrol
    • Game 3D dengan AI canggih dan efek visual tingkat lanjut

5. Expert

  • Pengembangan untuk Berbagai Platform
    • Optimasi dan Pengujian untuk Platform Mobile, Konsol, dan PC
    • Teknik Build dan Deployment yang Efisien
  • Machine Learning dan AI Integrasi
    • Penerapan Machine Learning di Unity dengan ML-Agents
    • Integrasi AI untuk Peningkatan Gameplay
  • Advanced Networking dan Backend Integration
    • Teknik Networking Lanjut dan Server-Side Logic
    • Integrasi dengan Backend Services dan Cloud

    Contoh Aplikasi:

    • Game cross-platform dengan integrasi backend
    • Aplikasi dengan fitur Machine Learning untuk pengalaman pengguna yang lebih baik

6. Ultimate

  • Pengembangan Game AAA
    • Proses Produksi Game AAA dan Manajemen Proyek
    • Implementasi Sistem dan Alat Produksi Canggih
  • Optimasi dan Skalabilitas
    • Teknik Skalabilitas untuk Game dengan Pengguna Banyak
    • Optimasi untuk Kinerja Maksimal di Semua Platform
  • Studi Kasus dan Proyek Besar
    • Studi Kasus Game AAA yang Sukses
    • Pembangunan Proyek Game Komprehensif dengan Tim

    Contoh Aplikasi:

    • Game AAA dengan kualitas grafis tinggi dan sistem kompleks
    • Proyek game besar dengan berbagai fitur dan optimasi

Learning Path

  1. Pengenalan (Basic)
    • Memahami dasar-dasar Unity dan pemrograman dengan C#
  2. Pembangunan Dasar (Intermediate)
    • Mengembangkan keterampilan dalam desain level, audio, dan manajemen data
  3. Pengembangan Lanjut (Advanced)
    • Memperdalam kemampuan dalam animasi, efek visual, dan jaringan
  4. Eksplorasi (Master)
    • Menyelami pengembangan VR/AR, AI, dan sistem kustom
  5. Keahlian (Expert)
    • Menguasai optimasi, integrasi AI, dan pengembangan untuk berbagai platform
  6. Mastery (Ultimate)
    • Mengembangkan game AAA dengan skala besar dan proses produksi yang kompleks

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button