Projects
Kursus/Jasa Adobe InDesign | “Pengembangan Metodologi Desain Layout Interaktif untuk Buku Elektronik Berbasis Adobe InDesign”
Silabus 40 Sesi: Pengembangan Metodologi Desain Layout Interaktif untuk Buku Elektronik Berbasis Adobe InDesign
Level: Lanjutan
Tujuan Akhir:
- Peserta mampu mengembangkan buku elektronik dengan layout interaktif menggunakan Adobe InDesign, mencakup elemen interaktif, animasi, multimedia, dan optimasi untuk publikasi digital.
Sesi 1-10: Pengantar Adobe InDesign dan Pembuatan Layout Dasar
- Sesi 1: Pengantar Adobe InDesign dan Penerbitan Digital
- Konsep dasar buku elektronik.
- Pengenalan antarmuka Adobe InDesign.
- Studi kasus layout e-book interaktif.
- Sesi 2: Penyiapan Dokumen untuk E-Book
- Ukuran dokumen dan format file (EPUB, PDF interaktif).
- Pengaturan margin, grid, dan guides.
- Sesi 3: Pengelolaan Teks
- Penggunaan Styles (Paragraph dan Character Styles).
- Pengaturan kolom dan spasi antar teks.
- Sesi 4: Desain Layout Halaman
- Menyusun master page.
- Teknik pembuatan layout simetris dan asimetris.
- Sesi 5: Pengelolaan Gambar dan Grafik
- Teknik impor gambar (linking dan embedding).
- Mengatur resolusi dan kualitas untuk e-book.
- Sesi 6: Tipografi untuk Buku Elektronik
- Memilih font yang responsif.
- Teknik pengaturan readability.
- Sesi 7: Pembuatan Table of Contents (TOC)
- Membuat TOC otomatis untuk buku elektronik.
- Navigasi melalui TOC.
- Sesi 8: Pengaturan Navigasi Halaman
- Menambahkan hyperlink dan bookmarks.
- Navigasi antar bab dengan tombol interaktif.
- Sesi 9: Praktik Membuat Layout Buku Fiksi Interaktif
- Studi kasus: Buku cerita anak.
- Penambahan elemen visual dan warna.
- Sesi 10: Review dan Optimasi Layout Dasar
- Memastikan konsistensi desain.
- Tips mempercepat workflow.
Sesi 11-20: Pengembangan Elemen Interaktif
- Sesi 11: Pengenalan Interaktivitas pada InDesign
- Fungsi panel “Interactive”.
- Jenis elemen interaktif yang didukung.
- Sesi 12: Pembuatan Tombol Interaktif
- Menambahkan tombol navigasi (Next, Back, Home).
- Customizing button styles.
- Sesi 13: Menambahkan Hyperlink dan Cross-References
- Membuat tautan ke halaman, URL, dan dokumen eksternal.
- Sesi 14: Pembuatan Formulir Interaktif
- Menambahkan bidang teks, radio button, dan checkbox.
- Pengaturan properti formulir.
- Sesi 15: Menambahkan Audio dan Video
- Mengintegrasikan file audio/video.
- Pengaturan autoplay dan kontrol media.
- Sesi 16: Penggunaan Animasi Sederhana
- Membuat animasi pada teks dan gambar.
- Menggunakan panel Animation.
- Sesi 17: Menyusun Interaktivitas Multi-Layer
- Mengatur elemen interaktif di beberapa layer.
- Teknik layering untuk efek interaktif.
- Sesi 18: Praktik Membuat Buku Pelajaran Interaktif
- Studi kasus: Buku pelajaran berbasis multimedia.
- Menambahkan elemen animasi dan audio.
- Sesi 19: Desain Navigasi yang Kompleks
- Menyusun navigasi bab dan sub-bab interaktif.
- Sesi 20: Review dan Penyempurnaan Elemen Interaktif
- Uji coba elemen interaktif.
- Memastikan kompatibilitas di berbagai perangkat.
Sesi 21-30: Produksi Buku Elektronik
- Sesi 21: Pengenalan Format EPUB dan PDF Interaktif
- Perbedaan EPUB Reflowable dan Fixed Layout.
- Sesi 22: Ekspor Buku ke Format EPUB
- Pengaturan metadata dan TOC untuk EPUB.
- Sesi 23: Ekspor Buku ke Format PDF Interaktif
- Menambahkan bookmark dan tampilan halaman default.
- Sesi 24: Pengujian Buku Elektronik
- Menggunakan Adobe Digital Editions dan perangkat lain.
- Sesi 25: Optimasi Performa Buku Elektronik
- Mengurangi ukuran file tanpa mengurangi kualitas.
- Sesi 26: Integrasi dengan Adobe Creative Cloud
- Menggunakan Photoshop dan Illustrator untuk konten pendukung.
- Sesi 27: Desain Sampul Buku Elektronik
- Membuat sampul profesional untuk e-book.
- Sesi 28: Studi Kasus: Buku Resep Interaktif
- Membuat layout dengan gambar dan animasi.
- Sesi 29: Menambahkan Metadata dan Hak Cipta
- Mengatur informasi hak cipta, ISBN, dan penerbit.
- Sesi 30: Simulasi Publikasi Buku
- Simulasi penerbitan di platform seperti Kindle dan Google Books.
Sesi 31-40: Evaluasi dan Publikasi
- Sesi 31: Studi Kasus: Buku Interaktif Edukasi
- Merancang buku interaktif untuk edukasi anak-anak.
- Sesi 32: Pembuatan Desain Prototipe Buku Elektronik
- Membuat prototipe untuk presentasi kepada klien.
- Sesi 33: Uji Coba pada Perangkat yang Berbeda
- Memastikan kompatibilitas di tablet, smartphone, dan desktop.
- Sesi 34: Integrasi Teknologi Interaktif Lanjutan
- Menambahkan elemen AR (Augmented Reality) melalui plugin.
- Sesi 35: Penyempurnaan Buku Elektronik Berdasarkan Feedback
- Memperbaiki desain berdasarkan uji coba pengguna.
- Sesi 36: Strategi Pemasaran Buku Elektronik
- Optimasi untuk platform distribusi seperti Amazon Kindle.
- Sesi 37: Publikasi di Platform Digital
- Langkah-langkah publikasi pada Kindle, Google Play Books, dan Apple Books.
- Sesi 38: Monitoring dan Evaluasi Pasca-Publikasi
- Melacak statistik pembaca dan feedback pengguna.
- Sesi 39: Praktik: Pengembangan Buku Elektronik Interaktif
- Proyek akhir: Merancang dan mempublikasikan e-book interaktif.
- Sesi 40: Presentasi dan Diskusi Proyek Akhir
- Presentasi hasil proyek kepada mentor atau kelompok diskusi.
- Penilaian dan rekomendasi pengembangan lanjutan.