Software
Kursus/Jasa Android | Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Unity dan C#
Berikut adalah silabus untuk “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Unity dan C#”
Sesi 1: Pengenalan Unity dan C#
- Pengenalan Unity sebagai game engine.
- Pengenalan bahasa pemrograman C#.
- Instalasi Unity dan pengaturan lingkungan kerja.
- Membuat proyek baru di Unity.
Sesi 2: Dasar-Dasar Unity dan C#
- Pengenalan antarmuka Unity.
- Pengenalan konsep Scene, GameObject, dan Komponen.
- Dasar-dasar pemrograman C# di Unity.
- Membuat dan menjalankan script sederhana.
Sesi 3: Pengenalan 2D Game Development
- Pengenalan pengembangan game 2D.
- Mengatur Scene untuk game 2D.
- Mengimpor dan menggunakan aset 2D.
- Mengelola sprites dan animasi.
Sesi 4: Membuat Karakter Utama
- Membuat dan mengatur karakter utama.
- Menambahkan gerakan karakter (kontrol dasar).
- Menambahkan animasi karakter (berjalan, melompat).
Sesi 5: Membuat Lingkungan Permainan
- Membuat level permainan menggunakan tilemaps.
- Mengatur desain level yang sesuai dengan pembelajaran matematika.
- Menggunakan Collider dan Rigidbody untuk fisika dasar.
Sesi 6: Interaksi Karakter dengan Lingkungan
- Menambahkan objek interaktif (papan soal, koin, dll.).
- Mengatur interaksi karakter dengan objek.
- Pengenalan sistem poin dan skor.
Sesi 7: Sistem Soal dan Jawaban Matematika
- Membuat sistem soal dan jawaban matematika.
- Menampilkan soal di layar.
- Mengatur logika pengecekan jawaban.
Sesi 8: Pembuatan UI Dasar
- Membuat antarmuka pengguna (UI) dasar.
- Mengatur tampilan soal dan opsi jawaban.
- Menambahkan elemen UI seperti tombol, slider, dan teks.
Sesi 9: Implementasi Sistem Navigasi UI
- Mengatur navigasi antar layar (menu utama, permainan, hasil).
- Membuat menu utama dan menu pengaturan.
- Menambahkan fungsi untuk navigasi antar scene.
Sesi 10: Menambahkan Fitur Audio
- Menambahkan efek suara dan musik latar.
- Mengatur audio pada setiap aksi (benar, salah, menang, kalah).
- Menggunakan Audio Source dan Audio Listener.
Sesi 11: Pengelolaan Data dan Progres Pemain
- Mengatur penyimpanan data pemain (skor, level).
- Menggunakan PlayerPrefs untuk menyimpan data.
- Mengatur sistem pencapaian (achievement) dan level up.
Sesi 12: Pembuatan Level yang Lebih Kompleks
- Menambahkan level baru dengan tingkat kesulitan berbeda.
- Menggunakan prefab untuk mempercepat pembuatan level.
- Menambahkan variasi soal matematika sesuai tingkat kesulitan.
Sesi 13: Penggunaan Animasi Lanjutan
- Membuat animasi untuk interaksi khusus (misal: selebrasi saat benar).
- Menggunakan Animator Controller untuk transisi animasi.
- Mengatur event animasi di Unity.
Sesi 14: Integrasi dengan Google Play Services
- Pengenalan Google Play Services untuk game.
- Mengintegrasikan leaderboard dan achievement.
- Menambahkan fitur login menggunakan Google.
Sesi 15: Optimisasi Game untuk Android
- Mengoptimalkan performa game di perangkat Android.
- Mengurangi ukuran file build.
- Mengatur kualitas grafis dan pengaturan lainnya.
Sesi 16: Pengujian Game
- Mengatur proses debugging dan troubleshooting.
- Pengujian game pada berbagai perangkat Android.
- Menggunakan Profiler untuk mengidentifikasi bottleneck.
Sesi 17: Monetisasi dan Iklan
- Pengenalan monetisasi game.
- Mengintegrasikan iklan menggunakan AdMob.
- Mengatur posisi dan frekuensi iklan di dalam game.
Sesi 18: Mengatur Feedback Pengguna
- Membuat sistem feedback di dalam game.
- Mengumpulkan data dari pemain (respon soal, tingkat kesulitan).
- Menganalisis data untuk pengembangan lebih lanjut.
Sesi 19: Implementasi Sistem Reward
- Membuat sistem reward untuk pemain (misal: koin, item khusus).
- Mengatur logika pemberian reward.
- Menampilkan reward pada UI game.
Sesi 20: Pengaturan Alur Cerita
- Mengembangkan cerita sederhana yang mengikat permainan.
- Mengatur transisi antar level berdasarkan cerita.
- Menambahkan cutscene dan dialog.
Sesi 21: Pemilihan Karakter dan Level
- Membuat sistem pemilihan karakter dan level.
- Menyimpan dan memuat karakter pilihan pemain.
- Mengatur kondisi unlock level dan karakter.
Sesi 22: Penambahan Mini Games
- Menambahkan mini games sebagai variasi dalam permainan.
- Membuat mini games terkait konsep matematika (misal: puzzle angka).
- Mengatur integrasi mini games dengan game utama.
Sesi 23: Menangani Bug dan Masalah
- Identifikasi dan perbaikan bug.
- Mengatasi masalah kompatibilitas perangkat.
- Menguji ulang setelah perbaikan.
Sesi 24: Review dan Peningkatan Kualitas
- Review keseluruhan game.
- Mendiskusikan potensi peningkatan.
- Mengimplementasikan perubahan berdasarkan feedback.
Sesi 25: Persiapan untuk Rilis
- Membuat build final untuk rilis.
- Mengatur keperluan pra-rilis (icon, splash screen, dll).
- Pengujian akhir dan penyempurnaan.
Sesi 26: Rilis Game ke Google Play Store
- Membuat akun Google Developer.
- Menyiapkan deskripsi, screenshot, dan video.
- Mengunggah game ke Google Play Store.
Sesi 27: Promosi Game
- Strategi pemasaran game di media sosial.
- Membuat materi promosi (video trailer, poster).
- Menggunakan influencer dan review untuk promosi.
Sesi 28: Analisis Pasca-Rilis
- Menggunakan Google Analytics untuk memantau kinerja game.
- Menganalisis feedback dan review pengguna.
- Menggunakan data untuk perbaikan dan pembaruan.
Sesi 29: Pembaruan Game (Update)
- Mengatur versi pembaruan dan perbaikan bug.
- Menambahkan konten baru (level, soal, fitur).
- Mengumumkan pembaruan kepada pengguna.
Sesi 30: Evaluasi dan Rencana Pengembangan Selanjutnya
- Evaluasi proyek secara keseluruhan.
- Mendiskusikan rencana pengembangan lebih lanjut.
- Membuat dokumentasi lengkap untuk proyek.
Dengan silabus ini, diharapkan peserta mampu mengembangkan game edukasi berbasis Android menggunakan Unity dan C# secara komprehensif dan terstruktur.