Games
Kursus/Jasa Construct 3 | “Implementasi Game Berbasis Construct 3 sebagai Media Promosi Produk UMKM: Studi Kasus pada Industri Kreatif Lokal”
Silabus: Implementasi Game Berbasis Construct 3 sebagai Media Promosi Produk UMKM: Studi Kasus pada Industri Kreatif Lokal
Fase 1: Pengenalan Construct 3 dan Perencanaan Proyek (Sesi 1-5)
- Sesi 1: Pengenalan Construct 3
- Tinjauan antarmuka dan fitur Construct 3.
- Mekanika dasar game dan contoh proyek.
- Instalasi dan pengaturan.
- Sesi 2: Memahami Prinsip Desain Game
- Dasar-dasar desain game untuk tujuan promosi.
- Analisis game promosi yang sukses.
- Menetapkan tujuan proyek dan target audiens.
- Sesi 3: Membuat Dokumen Desain Game (GDD)
- Struktur dan komponen GDD.
- Menyusun GDD untuk game promosi UMKM.
- Diskusi tentang alur cerita, mekanika game, dan elemen promosi.
- Sesi 4: Perencanaan dan Pembuatan Aset
- Mengidentifikasi aset yang dibutuhkan (gambar, animasi, suara).
- Pengenalan pembuatan aset atau pencariannya.
- Membuat rencana branding yang mengintegrasikan produk UMKM.
- Sesi 5: Menyiapkan Proyek di Construct 3
- Membuat tata letak proyek awal.
- Mengimpor dan mengatur aset.
- Pengaturan dasar navigasi dan antarmuka pengguna.
Fase 2: Dasar-Dasar Pengembangan Game (Sesi 6-12)
- Sesi 6: Mengimplementasikan Mekanika Dasar Game
- Menambahkan sprite, perilaku, dan peristiwa.
- Membuat gerakan dasar dan interaksi.
- Mengimplementasikan kontrol pengguna.
- Sesi 7: Membuat Elemen Game Interaktif
- Merancang elemen interaktif yang terkait dengan produk UMKM.
- Mengimplementasikan dialog sederhana dan pop-up informasi.
- Menambahkan animasi untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.
- Sesi 8: Merancang Level Game dan Tantangan
- Membuat level game yang menggabungkan promosi produk.
- Mengimplementasikan tantangan yang menonjolkan produk UMKM.
- Mekanisme transisi level.
- Sesi 9: Mengimplementasikan Sistem Skor dan Hadiah
- Menambahkan sistem skor dan hadiah berdasarkan interaksi pengguna.
- Membuat sistem skor yang terkait dengan promosi produk.
- Mengimplementasikan umpan balik visual untuk hadiah.
- Sesi 10: Menggabungkan Elemen Multimedia
- Menambahkan efek audio dan musik latar.
- Mengimplementasikan video atau slide gambar untuk mempromosikan produk.
- Menggunakan multimedia untuk mendukung alur cerita.
- Sesi 11: Interaksi Lanjutan dan Mini-Game
- Membuat mini-game yang mempromosikan produk UMKM tertentu.
- Mengimplementasikan interaksi pengguna yang kompleks.
- Mengintegrasikan kuis atau trivia promosi.
- Sesi 12: Pengujian dan Debugging Mekanika
- Menguji interaksi dan mekanika game.
- Memperbaiki masalah umum dalam Construct 3.
- Pengujian pengalaman pengguna dan pengumpulan umpan balik.
Fase 3: Meningkatkan Game untuk Promosi (Sesi 13-18)
- Sesi 13: Mengimplementasikan Showcase Produk dalam Game
- Membuat showcase produk interaktif.
- Mengintegrasikan detail produk dan tautan pembelian.
- Merancang iklan dalam game.
- Sesi 14: Menambahkan Integrasi Media Sosial
- Mengimplementasikan opsi berbagi media sosial.
- Mengintegrasikan pencapaian pengguna dan pesan promosi.
- Menggunakan media sosial untuk promosi produk.
- Sesi 15: Membuat Animasi Khusus untuk Promosi Produk
- Merancang animasi khusus untuk fitur produk.
- Mengimplementasikan animasi dalam game.
- Menggunakan animasi untuk mendukung alur cerita dan keterlibatan.
- Sesi 16: Mengintegrasikan Umpan Balik dan Ulasan Pengguna
- Mengimplementasikan sistem umpan balik pengguna dalam game.
- Menampilkan ulasan pengguna tentang produk.
- Meningkatkan elemen game berdasarkan umpan balik.
- Sesi 17: Mengimplementasikan Pembelian dalam Game (Opsional)
- Menyiapkan pembelian dalam game untuk produk digital atau voucher.
- Mengintegrasikan gateway pembayaran (jika diperlukan).
- Mengelola transaksi pembelian dalam Construct 3.
- Sesi 18: Mengoptimalkan Performa Game
- Teknik optimasi performa dalam Construct 3.
- Mengurangi waktu muat dan meningkatkan responsivitas.
- Pengujian di berbagai perangkat dan platform.
Fase 4: Finalisasi dan Publikasi Game (Sesi 19-24)
- Sesi 19: Mengimplementasikan Sistem Menu dan Navigasi
- Merancang menu dan sistem navigasi yang ramah pengguna.
- Menambahkan opsi bagi pengguna untuk mengeksplorasi berbagai produk.
- Mengimplementasikan opsi bahasa dan aksesibilitas.
- Sesi 20: Menambahkan Tutorial dan Bagian Bantuan
- Membuat tutorial untuk pemain pemula.
- Mengimplementasikan bagian bantuan untuk mekanika game dan informasi produk.
- Menggunakan tooltip dan panduan.
- Sesi 21: Membuat Strategi Branding dan Pemasaran
- Mengembangkan strategi branding untuk game.
- Merencanakan kampanye pemasaran seputar peluncuran game.
- Mengintegrasikan materi promosi dalam game.
- Sesi 22: Mempersiapkan Game untuk Peluncuran
- Mengekspor game ke berbagai platform (web, mobile, desktop).
- Menguji build untuk peluncuran.
- Mengelola pembaruan dan kontrol versi.
- Sesi 23: Mempublikasikan Game
- Langkah-langkah untuk mempublikasikan game di berbagai platform.
- Mengelola metadata game dan materi promosi.
- Meluncurkan game dan promosi awal.
- Sesi 24: Analisis Pasca-Peluncuran dan Pengumpulan Umpan Balik
- Menganalisis data pengguna dan metrik keterlibatan.
- Mengumpulkan umpan balik untuk pembaruan mendatang.
- Merencanakan pemeliharaan dan dukungan game.
Fase 5: Fitur Lanjutan dan Penyelesaian Proyek (Sesi 25-30)
- Sesi 25: Mengimplementasikan Fitur Lanjutan (Opsional)
- Menambahkan kemampuan multipemain atau papan peringkat.
- Mengimplementasikan mini-game atau ekspansi konten tambahan.
- Meningkatkan kemampuan promosi game.
- Sesi 26: Analisis Game dan Pelacakan Perilaku Pengguna
- Mengintegrasikan alat analitik untuk melacak perilaku pengguna.
- Menganalisis performa game dan interaksi pengguna.
- Menggunakan data untuk peningkatan produk dan pemasaran.
- Sesi 27: Strategi Monetisasi untuk Game
- Mengeksplorasi opsi monetisasi (iklan, konten premium).
- Mengimplementasikan jaringan iklan dan mengelola penempatan iklan.
- Menyeimbangkan monetisasi dengan pengalaman pengguna.
- Sesi 28: Keterlibatan Komunitas dan Pembaruan Game
- Membangun komunitas seputar game.
- Mengelola umpan balik komunitas dan pembaruan.
- Merencanakan pembaruan rutin dan rilis konten baru.
- Sesi 29: Presentasi Akhir Proyek dan Review
- Mempersiapkan presentasi akhir dari proyek game.
- Memamerkan fitur game dan elemen promosi.
- Mengumpulkan umpan balik dari pemangku kepentingan dan rekan.
- Sesi 30: Dokumentasi dan Perencanaan Pengembangan di Masa Depan
- Finalisasi dokumentasi proyek dan GDD.
- Merencanakan pembaruan masa depan atau proyek baru.
- Diskusi pelajaran yang dipetik dan peluang masa depan.
Silabus ini dirancang untuk membimbing pengembangan game promosi menggunakan Construct 3, dengan fokus pada integrasi produk UMKM dan peningkatan strategi pemasaran melalui media interaktif.