Games

Kursus/Jasa Godot | “Desain dan Implementasi Game Simulasi Virtual Reality untuk Pelatihan Pengoperasian Mesin Industri Menggunakan Godot Engine”

Berikut adalah silabus pelatihan dengan topik “Desain dan Implementasi Game Simulasi Virtual Reality untuk Pelatihan Pengoperasian Mesin Industri Menggunakan Godot Engine”:

Sesi 1-5: Pengenalan dan Persiapan

  1. Sesi 1: Pengenalan Godot Engine dan VR Development
    • Pengantar Godot Engine dan fiturnya
    • Perkenalan konsep Virtual Reality (VR)
    • Persiapan alat dan perangkat untuk pengembangan VR (headset VR, controller)
    • Instalasi dan pengaturan Godot untuk proyek VR
  2. Sesi 2: Konsep Dasar Game Simulasi dan VR
    • Pengantar game simulasi industri
    • Tujuan dan manfaat pelatihan mesin industri menggunakan VR
    • Studi kasus dari simulasi VR untuk pelatihan
    • Memahami perbedaan interaksi VR dibandingkan dengan game 2D/3D tradisional
  3. Sesi 3: Setup Lingkungan Kerja Godot untuk VR
    • Instalasi dan konfigurasi Godot VR toolkit (Oculus/HTC Vive/Windows MR)
    • Menyiapkan proyek VR pertama di Godot
    • Dasar-dasar pembuatan lingkungan virtual
  4. Sesi 4: Pengantar Pemodelan 3D untuk Lingkungan Industri
    • Penggunaan asset 3D dalam Godot
    • Cara mengimpor model 3D ke dalam Godot
    • Pengaturan tekstur dan material pada model mesin industri
  5. Sesi 5: Interaksi Dasar VR dalam Godot
    • Sistem kontrol VR dasar di Godot (head tracking, hand tracking)
    • Implementasi pergerakan dan navigasi dalam VR
    • Penanganan input VR dari controller

Sesi 6-10: Desain Lingkungan Industri Virtual

  1. Sesi 6: Desain Lingkungan Pabrik Virtual
    • Membuat tata letak pabrik virtual
    • Pemodelan lantai, dinding, dan area kerja
    • Menambahkan elemen-elemen interaktif seperti tombol dan layar
  2. Sesi 7: Pemrograman Fisika Dasar di Godot
    • Penggunaan node fisika (RigidBody, StaticBody) dalam Godot
    • Penerapan gravitasi dan fisika realistis untuk simulasi
    • Simulasi interaksi benda di dalam lingkungan industri
  3. Sesi 8: Penggunaan Shader dan Pencahayaan untuk Realisme
    • Pengenalan shader dan pencahayaan
    • Penerapan efek pencahayaan real-time untuk meningkatkan realisme
    • Penggunaan shader untuk tekstur dan material mesin industri
  4. Sesi 9: Simulasi Interaksi Pengguna dengan Mesin
    • Implementasi kontrol interaktif pada mesin industri
    • Penggunaan raycasting dan area detection untuk interaksi mesin
    • Memberikan umpan balik (feedback) pada pengguna ketika menggunakan mesin
  5. Sesi 10: Pengelolaan Data dan Status Mesin dalam Simulasi
  • Simpan dan kelola status mesin (hidup/mati, suhu, output)
  • Penggunaan variabel untuk mendeteksi status interaksi
  • Pemrograman mekanisme operasional mesin dalam simulasi

Sesi 11-15: Implementasi Fungsionalitas Mesin

  1. Sesi 11: Pemrograman Fungsi Operasional Mesin
  • Implementasi prosedur pengoperasian mesin secara bertahap
  • Simulasi proses pengaktifan mesin dan shutdown
  • Integrasi komponen fisik seperti sakelar dan pedal
  1. Sesi 12: Simulasi Sistem Keselamatan Mesin
  • Membuat skenario simulasi kecelakaan industri
  • Implementasi sistem keselamatan dan pengujian keadaan darurat
  • Interaksi pengguna dengan fitur keselamatan mesin
  1. Sesi 13: Pembuatan Mekanisme Error dan Perbaikan Mesin
  • Pembuatan skenario kerusakan mesin
  • Menambahkan fungsi diagnostik dan reparasi dalam simulasi
  • Umpan balik pengguna ketika terjadi kesalahan operasional
  1. Sesi 14: Pengintegrasian UI untuk Simulasi Pelatihan
  • Membuat antarmuka pengguna (UI) untuk memberikan instruksi
  • Menampilkan informasi real-time di dalam game (HUD)
  • Membuat menu utama dan menu bantuan pelatihan
  1. Sesi 15: Optimalisasi Simulasi untuk Perangkat VR
  • Optimalisasi performa game untuk perangkat VR
  • Mengelola rendering untuk menghindari motion sickness
  • Pengujian performa pada berbagai headset VR

Sesi 16-20: Testing dan Iterasi

  1. Sesi 16: Pengujian dan Debugging Sistem Interaksi
  • Mengidentifikasi dan memperbaiki bug dalam interaksi VR
  • Pengujian simulasi di berbagai skenario industri
  1. Sesi 17: Iterasi Desain Mesin dan Peningkatan User Experience
  • Menambahkan fitur interaktif untuk pengalaman pengguna yang lebih baik
  • Feedback dari pengguna awal dan iterasi desain berdasarkan hasil pengujian
  1. Sesi 18: Integrasi Audio dan Visual Feedback
  • Penambahan suara untuk operasi mesin dan kondisi simulasi
  • Menambahkan efek visual ketika pengguna berinteraksi dengan objek
  1. Sesi 19: Dokumentasi dan Panduan Penggunaan Aplikasi
  • Membuat panduan pengguna untuk aplikasi VR
  • Penulisan dokumentasi fitur dan instruksi penggunaan
  1. Sesi 20: Review dan Penyempurnaan Simulasi
  • Review keseluruhan fungsionalitas aplikasi
  • Penerapan feedback terakhir sebelum finalisasi

Sesi 21-25: Implementasi Fitur Lanjutan

  1. Sesi 21: Penambahan Skenario Pelatihan Lanjutan
  • Membuat skenario pelatihan tingkat lanjut dalam pengoperasian mesin
  • Penambahan level kesulitan sesuai kebutuhan industri
  1. Sesi 22: Integrasi VR Hands-on Training dengan Haptic Feedback
  • Integrasi perangkat haptic untuk memberikan feedback fisik
  • Simulasi sentuhan dan tekanan pada peralatan mesin
  1. Sesi 23: Pengembangan Sistem Penilaian Pengguna
  • Membuat sistem penilaian kinerja pengguna berdasarkan interaksi
  • Penilaian waktu, ketepatan, dan kesalahan dalam pengoperasian mesin
  1. Sesi 24: Simulasi Penggunaan Energi dan Efisiensi Mesin
  • Menambahkan fitur simulasi efisiensi energi
  • Menampilkan laporan penggunaan energi di dalam simulasi
  1. Sesi 25: Integrasi Cloud untuk Penyimpanan Data Pengguna
  • Implementasi penyimpanan data berbasis cloud
  • Penelusuran dan evaluasi kinerja pengguna melalui dashboard online

Sesi 26-30: Finalisasi dan Presentasi

  1. Sesi 26: Finalisasi Simulasi VR
  • Penyempurnaan simulasi berdasarkan hasil pengujian dan feedback
  • Pengoptimalan terakhir untuk performa dan visual
  1. Sesi 27: Pembuatan Paket Instalasi dan Distribusi
  • Pembuatan executable file untuk distribusi
  • Pengaturan proyek untuk deploy pada platform VR yang didukung
  1. Sesi 28: Persiapan Presentasi dan Demo Aplikasi
  • Persiapan materi presentasi
  • Membuat demo interaktif untuk pemaparan aplikasi
  1. Sesi 29: Uji Coba Aplikasi dengan Pengguna Akhir
  • Mengadakan uji coba dengan pengguna target (misal operator mesin industri)
  • Mendokumentasikan hasil uji coba dan feedback pengguna
  1. Sesi 30: Presentasi Akhir dan Penyerahan Proyek
  • Presentasi hasil akhir proyek kepada dosen atau stakeholder
  • Penyerahan dokumentasi, laporan akhir, dan file aplikasi

Semoga silabus ini membantu dalam mengembangkan aplikasi VR simulasi operasional mesin industri dengan Godot!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button