Software

Kursus/Jasa Rhino 3D | Implementasi Rhino 3D dan Plugin Bongo untuk Animasi Dinamis dalam Desain Produk Industri

Berikut adalah silabus untuk “Implementasi Rhino 3D dan Plugin Bongo untuk Animasi Dinamis dalam Desain Produk Industri”:

Sesi 1: Pengenalan Rhino 3D

  • Memahami antarmuka pengguna Rhino 3D.
  • Menjelaskan alat-alat dasar: seleksi, manipulasi objek, viewports.
  • Latihan: Membuat objek sederhana (kubus, bola, dan silinder).

Sesi 2: Dasar-Dasar Pemodelan 3D

  • Membuat dan memodifikasi kurva (curve) dan permukaan (surface).
  • Latihan: Membuat bentuk geometris sederhana dan mengeditnya.

Sesi 3: Pemodelan Produk Dasar

  • Memahami teknik pemodelan solid dan NURBS.
  • Latihan: Memodelkan produk sederhana seperti botol atau cangkir.

Sesi 4: Pemodelan Lanjutan

  • Menggunakan alat-alat pemodelan lanjutan seperti Loft, Sweep, dan Network Surface.
  • Latihan: Membuat produk industri kompleks (contoh: desain kursi ergonomis).

Sesi 5: Rendering Dasar di Rhino

  • Pengenalan dasar rendering di Rhino.
  • Mengatur bahan dan pencahayaan dasar.
  • Latihan: Membuat render sederhana produk yang telah dibuat.

Sesi 6: Pengenalan Plugin Bongo

  • Memahami antarmuka dan fungsi dasar Bongo.
  • Menjelaskan perbedaan antara Rhino dan Bongo dalam hal animasi.
  • Latihan: Membuat animasi sederhana menggunakan objek statis.

Sesi 7: Dasar Animasi di Bongo

  • Memahami konsep keyframe dan timeline.
  • Latihan: Menggerakkan objek menggunakan keyframe dasar.

Sesi 8: Animasi Transformasi Objek

  • Mempelajari animasi transformasi (posisi, rotasi, skala).
  • Latihan: Membuat animasi rotasi dan translasi pada produk.

Sesi 9: Penerapan Animasi Kompleks

  • Menggabungkan beberapa transformasi dalam satu animasi.
  • Latihan: Membuat animasi kompleks seperti engsel atau piston.

Sesi 10: Animasi dengan Constraint

  • Menggunakan constraint untuk mengatur hubungan antar objek.
  • Latihan: Animasi mekanisme produk industri, seperti roda gigi atau sistem katrol.

Sesi 11: Animasi Kamera dan Viewport

  • Mengatur animasi kamera dan sudut pandang.
  • Latihan: Membuat animasi walkthrough sederhana.

Sesi 12: Render Animasi di Bongo

  • Memahami pengaturan rendering animasi di Bongo.
  • Latihan: Merender animasi produk industri.

Sesi 13: Pemodelan Produk dengan Detil Tinggi

  • Membuat model dengan detil tinggi menggunakan teknik sculpting dan displacement.
  • Latihan: Membuat desain produk seperti casing elektronik.

Sesi 14: Penggunaan Material dan Tekstur Lanjutan

  • Mengaplikasikan material realistis dan tekstur kompleks pada model.
  • Latihan: Menerapkan material industri (seperti metalik, plastik, dan kaca).

Sesi 15: Studi Kasus – Desain Produk Industri

  • Memilih sebuah produk industri untuk dipelajari.
  • Memulai proses pemodelan dari sketsa hingga bentuk akhir.

Sesi 16: Penerapan Simulasi Gerakan

  • Menggunakan Bongo untuk mensimulasikan gerakan dinamis produk.
  • Latihan: Simulasi pembukaan pintu, laci, atau mekanisme lipat.

Sesi 17: Penerapan Simulasi Fisika Sederhana

  • Menggunakan Bongo untuk simulasi fisika dasar (gravitasi dan tabrakan).
  • Latihan: Simulasi tabrakan benda di atas permukaan miring.

Sesi 18: Optimasi dan Polishing Animasi

  • Memperhalus dan mengoptimasi animasi agar lebih realistis.
  • Latihan: Mengatur timing dan interpolasi gerakan animasi.

Sesi 19: Pembuatan Video Presentasi

  • Mengatur sequence animasi untuk video presentasi.
  • Latihan: Membuat urutan animasi yang menceritakan fitur produk.

Sesi 20: Render Animasi Kompleks

  • Render animasi dengan kualitas tinggi menggunakan Rhino atau software pihak ketiga.
  • Latihan: Render animasi dengan efek pencahayaan dan bayangan yang realistis.

Sesi 21: Studi Kasus – Animasi Produk Industri 1

  • Membuat animasi lengkap dari sebuah produk mekanis (contoh: alat pemotong otomatis).
  • Latihan: Pemodelan, animasi, dan rendering.

Sesi 22: Studi Kasus – Animasi Produk Industri 2

  • Membuat animasi lengkap dari sebuah produk elektronik (contoh: perakitan komponen).
  • Latihan: Pemodelan, animasi, dan rendering.

Sesi 23: Studi Kasus – Animasi Produk Industri 3

  • Membuat animasi lengkap dari sebuah produk transportasi (contoh: bagian interior kendaraan).
  • Latihan: Pemodelan, animasi, dan rendering.

Sesi 24: Implementasi Rigging Sederhana

  • Menggunakan Bongo untuk rigging sederhana pada model karakter atau produk.
  • Latihan: Rigging dan animasi gerakan lengan robotik.

Sesi 25: Rendering dengan Integrasi Plugin Lain

  • Menggunakan plugin rendering seperti V-Ray atau KeyShot dengan Rhino dan Bongo.
  • Latihan: Render animasi dengan pengaturan pencahayaan realistis.

Sesi 26: Mengatur Pengaturan Render Lanjutan

  • Mengatur pengaturan render lanjutan seperti GI, Caustics, dan DOF.
  • Latihan: Menerapkan pengaturan render lanjutan untuk animasi.

Sesi 27: Pengaturan Efek Khusus untuk Animasi

  • Menerapkan efek khusus seperti blur gerakan, glow, dan partikel.
  • Latihan: Membuat animasi dengan efek khusus untuk menambah dramatisasi.

Sesi 28: Post-Production Animasi

  • Menggunakan software editing video untuk post-processing animasi.
  • Latihan: Menggabungkan animasi, suara, dan efek untuk video final.

Sesi 29: Optimasi File dan Output

  • Optimasi file animasi untuk ukuran dan kecepatan render.
  • Latihan: Mengatur format dan resolusi output animasi.

Sesi 30: Presentasi Proyek Akhir

  • Menyusun proyek akhir dalam bentuk video presentasi.
  • Latihan: Presentasi proyek animasi lengkap dari produk industri yang dipilih.

Silabus ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang penggunaan Rhino 3D dan Bongo dalam menciptakan animasi dinamis untuk desain produk industri.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button