Games

Kursus/Jasa Unreal Engine | Implementasi Augmented Reality dengan Unreal Engine untuk Visualisasi Proyek Konstruksi

Berikut adalah silabus dengan topik “Implementasi Augmented Reality dengan Unreal Engine untuk Visualisasi Proyek Konstruksi”. 

Sesi 1-5: Pengantar Unreal Engine dan Augmented Reality (AR)

  • Sesi 1: Pengenalan Unreal Engine dan aplikasi AR dalam industri konstruksi.
    • Tujuan: Memahami dasar Unreal Engine dan potensinya untuk visualisasi proyek konstruksi.
    • Output: Instalasi Unreal Engine, familiarisasi antarmuka, dan setup proyek pertama.
  • Sesi 2: Prinsip-prinsip Augmented Reality.
    • Tujuan: Memahami dasar teknologi AR, perbedaan AR vs VR, dan penerapannya.
    • Output: Penjelasan konsep AR dan studi kasus visualisasi proyek konstruksi dengan AR.
  • Sesi 3: Eksplorasi Template AR di Unreal Engine.
    • Tujuan: Mempelajari template AR yang tersedia di Unreal Engine.
    • Output: Membuat proyek dasar AR menggunakan template bawaan Unreal Engine.
  • Sesi 4: Pengaturan AR Project di Unreal Engine.
    • Tujuan: Memahami pengaturan khusus proyek AR.
    • Output: Konfigurasi proyek AR dan integrasi dengan perangkat mobile (Android/iOS).
  • Sesi 5: Pengenalan Unreal Engine Blueprints untuk AR.
    • Tujuan: Mengenal dasar visual scripting dengan Blueprints.
    • Output: Membuat interaksi dasar di AR menggunakan Blueprints.

Sesi 6-10: Pengembangan Model 3D untuk Visualisasi Proyek Konstruksi

  • Sesi 6: Impor dan pengelolaan model 3D di Unreal Engine.
    • Tujuan: Memahami cara impor model 3D dari perangkat lunak seperti AutoCAD atau Revit.
    • Output: Impor model bangunan ke Unreal Engine.
  • Sesi 7: Optimisasi model 3D untuk AR.
    • Tujuan: Menyesuaikan model agar efisien untuk AR.
    • Output: Reduksi polygon, material simplifikasi, dan optimasi performa.
  • Sesi 8: Penerapan material realistis pada objek konstruksi.
    • Tujuan: Membuat dan mengaplikasikan material realistis pada bangunan.
    • Output: Material pada dinding, kaca, dan permukaan lain di proyek konstruksi.
  • Sesi 9: Penambahan pencahayaan dan bayangan real-time.
    • Tujuan: Memahami teknik pencahayaan untuk membuat objek terlihat realistis di AR.
    • Output: Implementasi pencahayaan real-time di Unreal Engine.
  • Sesi 10: Penerapan animasi dan efek visual.
    • Tujuan: Mempelajari animasi dasar untuk AR dan menambah efek visual.
    • Output: Animasi pintu terbuka, lift bergerak, dan efek visual dasar.

Sesi 11-15: Pengembangan Interaksi AR untuk Proyek Konstruksi

  • Sesi 11: Pengenalan interaksi pengguna di AR.
    • Tujuan: Memahami cara membuat interaksi dalam proyek AR.
    • Output: Pembuatan interaksi seperti tap untuk informasi tambahan.
  • Sesi 12: Implementasi navigasi interaktif di AR.
    • Tujuan: Menambah fitur navigasi di dalam proyek konstruksi.
    • Output: Pengguna bisa bergerak dan menjelajahi model bangunan.
  • Sesi 13: Penambahan kontrol kamera di AR.
    • Tujuan: Memahami cara mengontrol kamera dan perspektif pengguna.
    • Output: Kontrol kamera dasar untuk melihat proyek dari berbagai sudut.
  • Sesi 14: Integrasi data proyek konstruksi dengan AR.
    • Tujuan: Menggabungkan data teknis konstruksi (seperti BIM) ke dalam AR.
    • Output: Pengguna bisa melihat data teknis dari elemen bangunan dalam AR.
  • Sesi 15: Penambahan fungsi interaktif dengan Unreal Engine Blueprints.
    • Tujuan: Mengembangkan fitur interaktif yang lebih kompleks menggunakan Blueprints.
    • Output: Interaksi seperti menampilkan informasi bahan bangunan, dan status pekerjaan.

Sesi 16-20: Penyempurnaan Visual dan Kinerja Proyek AR

  • Sesi 16: Optimisasi kinerja proyek AR untuk perangkat mobile.
    • Tujuan: Memastikan performa proyek tetap tinggi pada perangkat mobile.
    • Output: Penyesuaian pengaturan kualitas dan performa.
  • Sesi 17: Penerapan LOD (Level of Detail) pada model 3D.
    • Tujuan: Memahami LOD untuk optimasi tampilan jarak jauh.
    • Output: Implementasi LOD pada model bangunan.
  • Sesi 18: Penerapan peta lingkungan untuk proyek konstruksi.
    • Tujuan: Membuat lingkungan proyek konstruksi realistis.
    • Output: Pembuatan lingkungan proyek konstruksi dengan peta HDR.
  • Sesi 19: Test dan debugging proyek AR.
    • Tujuan: Menguji dan memperbaiki masalah pada proyek AR.
    • Output: Mengidentifikasi dan memperbaiki bug di proyek AR.
  • Sesi 20: Optimisasi interaksi AR untuk pengalaman pengguna.
    • Tujuan: Menyempurnakan interaksi untuk pengalaman pengguna yang lebih halus.
    • Output: Penyesuaian kontrol dan navigasi pengguna.

Sesi 21-25: Pengujian dan Deployment Proyek AR

  • Sesi 21: Pengujian aplikasi AR di perangkat mobile.
    • Tujuan: Mempelajari proses testing di perangkat mobile.
    • Output: Instalasi dan pengujian proyek di Android/iOS.
  • Sesi 22: Pengaturan build untuk platform mobile.
    • Tujuan: Mempelajari cara menyiapkan dan melakukan build proyek untuk mobile.
    • Output: Build proyek untuk Android dan iOS.
  • Sesi 23: Implementasi pelacakan AR menggunakan ARCore/ARKit.
    • Tujuan: Menggunakan fitur tracking dari ARCore (Android) atau ARKit (iOS).
    • Output: Tracking posisi dan orientasi objek dalam lingkungan nyata.
  • Sesi 24: Penyempurnaan tampilan dan interaksi di lingkungan nyata.
    • Tujuan: Memastikan tampilan objek sesuai dengan lingkungan nyata.
    • Output: Penyesuaian penempatan objek dan interaksi di lingkungan nyata.
  • Sesi 25: Finalisasi proyek AR untuk visualisasi konstruksi.
    • Tujuan: Menyelesaikan seluruh elemen proyek AR.
    • Output: Proyek siap diimplementasikan untuk visualisasi konstruksi.

Sesi 26-30: Penerapan dan Presentasi Proyek AR Konstruksi

  • Sesi 26: Penyiapan dokumentasi dan tutorial proyek.
    • Tujuan: Membuat dokumentasi proyek dan tutorial pengguna.
    • Output: Dokumentasi proyek AR konstruksi.
  • Sesi 27: Persiapan presentasi proyek AR.
    • Tujuan: Menyiapkan presentasi interaktif untuk proyek AR.
    • Output: Materi presentasi dan demonstrasi proyek AR.
  • Sesi 28: Uji coba presentasi proyek AR kepada pengguna.
    • Tujuan: Mempelajari cara efektif menyajikan proyek kepada audiens.
    • Output: Simulasi presentasi proyek AR.
  • Sesi 29: Review dan perbaikan akhir berdasarkan feedback.
    • Tujuan: Mengumpulkan feedback dan melakukan perbaikan.
    • Output: Finalisasi proyek AR berdasarkan masukan pengguna.
  • Sesi 30: Presentasi akhir dan penyelesaian proyek.
    • Tujuan: Menyajikan proyek secara profesional kepada klien atau tim.
    • Output: Presentasi proyek AR untuk visualisasi proyek konstruksi.

Silabus ini dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan proyek spesifik Anda dan tingkat kemampuan peserta.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button